JAVA

F1XJM2MHS3GV5W6

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.

Fungsi dari Java…
Sering digunakan untuk :

  1. Pengembangan Aplikasi Desktop (Komputer)
  2. Web Aplikasi
  3. Aplikasi Perusahaan
  4. Aplikasi Mobile (Android)
  5. System Tertanam
  6. Robot ,Game dan sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Java :

java vs cpp

  • Mudah dipelajari
    Java memiliki salah satu keunggulan , yaitu mudah dipelajari oleh semua orang , karena syntax (tata bahasa ) yang mirip dengan bahasa manusia. Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di  Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula , untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.

  • Merupakan bahasa OOP
    Salah satu alasan ,yang membuat Java begitu populer karena mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh karena itu , untuk mengembangkanya jauh lebih mudah , serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.

  • Multiplatform
    Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan di atas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux dan Mac OS.
  •  Robust
    Java juga memiliki kemampuan ,untuk menangani kesalahan pada coding ,khususnya pada erorr checking atau erorr runtime. Seperti pada Exception Handling. Java juga mempunyai fitur memori managemen yang handal, seperti Garbage Collector.

Integrated Development Environment

Banyak pihak telah membuat IDE (Integrated Development Environment – Lingkungan Pengembangan Terintegrasi) untuk Java. Yang populer saat ini (Juli 2006) antara lain:

NetBeans disponsori Sun Microsystems, dan versi terkininya memilki Matisse, sebuah GUI Editor yang menurut pendapat umum merupakan yang terbaik.[butuh rujukan]

Eclipse dibuat dari kerja sama antara perusahaan-perusahaan anggota ‘Eclipse Foundation’ (beserta individu-individu lain). Banyak nama besar yang ikut dalam ‘Eclipse Foundation’, termasuk IBM, BEA, Intel, Nokia, Borland. Eclipse bersaing langsung dengan Netbeans IDE. Plugin tambahan pada Eclipse jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan IDE lainnya.

JCreator ditulis dalam C/C++ sehingga lebih cepat (dan menggunakan memori lebih sedikit) dari kebanyakan.

Contoh Program Java :

latihan1.java

  1.  
  2. package latihan2; // nama package latihan2
  3.  
  4. /**
  5.  *
  6.  * @author FATHUR (okedroid.com)
  7.  */
  8. public class latihan2 { //nama class latihan2
  9.    
  10.     public void tampilhello ()  
  11. //method void dengan nama tampillhello()
  12.  //sehingga dapat di akses oleh package lain
  13.     //menggunakan modifier public agar dapat diakses oleh package lain      
  14.     {
  15.         System.out.println(“Hello Java!!”); //setiap statement selalu diakhiri ;
  16.         //obyek cetak text dengan tipe data string Hello Java
  17.     }    
  18.    
  19. }

Output:

Hello Java !!

Dasar Syntax Java:

Dasar dari penulisan syntax dalam bahasa pemrograman Java ,yang perlu kalian ketahui salah satunya adalah :

  • Bersifat Case Sensitivity : artinya penamaan dari kata “HelloWorld” dengan “helloworld” sangat berbeda.
  • Nama Class :  untuk nama class huruf pertama harus  menggunakan huruf besar. (contoh :  class NamaClass )
  • Nama Method : untuk nama method huruf pertama harus menggunakan huruf kecil. ( contoh : public void namaMethodSaya()  )
  • Nama Program :  nama program java harus sama dengan nama class. Jadi jika kalian mempunyai nama class NamaClass , program file harus sama dengan nama class yaitu NamaClass.java.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s