Komputer Masa Depan dengan Mesin Minuscule Molekuler

1m

Komputer masa depan dapat melakukan penyimpanan data dan pengolahan menggunakan segudang kualitas molekul seperti ukuran, orientasi dan warna.

Revolusi komputer berikutnya dapat mengandalkan tidak pada sistem bilangan biner, tapi satu yang dapat menyimpan jutaan potongan informasi dalam atribut yang sangat kecil dari molekul, seperti orientasi, ukuran dan warna.

Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), cabang dari AS Departemen Pertahanan dibebankan dengan memimpikan teknologi baru futuristik untuk militer, sedang mengembangkan sebuah program “Molecular Informatika” baru untuk melakukan hal itu. Tujuan jangka panjang? variasi alami Harness kimia untuk engkol melalui sejumlah besar pengolahan data dan penyimpanan, menciptakan mesin molekuler yang sangat kecil.

atom

Anne Fischer, manajer program Ilmu Pertahanan Office DARPA, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Jutaan molekul ada, dan masing-masing molekul memiliki struktur atom tiga dimensi yang unik serta variabel seperti bentuk, ukuran, atau bahkan warna. Kekayaan ini menyediakan ruang desain besar untuk menjelajahi novel dan multi-nilai cara untuk mengkodekan dan proses Data di luar 0s dan 1s berbasis logika-, arsitektur digital saat ini.” [Robot Humanoid ke Flying Mobil: 10 Coolest DARPA Proyek]

Para peneliti telah mengembangkan sistem penyimpanan molekul lain di masa lalu. Misalnya, para ilmuwan telah dikodekan seluruh karya Shakespeare dalam DNA. Sistem ini tidak menurunkan cepat, dan mereka cocok dalam paket kecil – setelah semua, instruksi genetik untuk encoding fit manusia seluruh bagian dalam bayi yang baru lahir amat kecil – tetapi mereka memiliki kelemahan. Misalnya, data tidak dapat diakses dengan cepat, dan untuk dibaca, encoding DNA-nya harus diterjemahkan ke dalam format digital tradisional. Dan fundamental, DNA, dengan empat huruf-nya dari encoding, menyediakan cara yang cukup terbatas untuk mengkodekan informasi, para ahli mengatakan.

Untuk menjauh dari ketergantungan ini pada sistem biner (yaitu, informasi yang disimpan dalam 0 dan 1), para ilmuwan perlu menciptakan sebuah arsitektur informasi seluruh baru. Itu berarti bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar seperti: Bagaimana dapat informasi dikodekan dalam molekul? Dapat molekul melakukan operasi logis tertentu? Dan apa yang bahkan artinya bagi molekul untuk menghitung?

“Pada dasarnya, kami ingin menemukan apa artinya untuk melakukan ‘komputasi’ dengan molekul dengan cara yang mengambil semua batas-batas off dari apa yang kita ketahui, dan memungkinkan kita melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda,” kata Fischer. “Itu sebabnya kami benar-benar membutuhkan pengetahuan beragam banyak bidang yang berbeda bekerja sama untuk melompat ke ruang angkasa baru molekul ini untuk melihat apa yang bisa kita temukan.”

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s